Tomcat merupakan salah satu jenis kumbang beruas. Dinamakan tomcat bisa jadi karena bentuk fisiknya menyerupai dengan pesawat tempur ternama buatan Amerika, Tomcat F14. Hewan ini tidak menggigit dan menyengat. Warna ruas nya terdiri dari warna hitam, orange dan merah. Kombinasi dari tiga warna ini menandakan hewan ini ‘berbisa’. Bisa dalam hal ini adalah aederin yang hanya dikeluarkan jika hewan ini merasa terganggu. Jika terkena kulit manusia maka kulit akan mengalami dermatitis, seperti kulit melepuh berisi air.

Habitat tomcat ini biasanya di area persawahan dan perkebunan, dan ternyata tomcat ini merupakan hewan pengendali hama padi dan kebun karena ia memangsa berbagai hama perusak tanaman seperti wereng coklat, kutu, kepik dan kumbang lainnya.

Belakangan ini, tomcat menjadi musuh manusia, hal ini bisa terjadi karena ia merasa habitatnya terganggu, dengan menyempitnya area persawahan dan perkebunan yang berubah menjadi area perumahan dan industri, atau bisa jadi karena penggunaan pestisida secara berlebihan yang menyebabkan makanan alami tomcat menghilang.

Untuk menghindari tomcat masuk ke rumah anda sebetulnya sangat lah mudah, yaitu dengan mematikan sumber cahaya, karena sama seperti laron, tomcat menyukai tempat yang hangat dan terang. Jangan menepuk tomcat seperti nyamuk jika hinggap di kulit anda, karena ia akan segera mengeluarkan racun nya yang akan menginfeksi kulit anda. Jika memang sudah terlanjur kulit anda terkena racun tomcat, segeralah cuci dengan sabun dan air yang mengalir, jangan pernah menggaruknya walaupun terasa sangat gatal dan panas.

Jika serangan tomcat semakin ganas dan meluas, sudah saatnya anda memanggil jasa pembasmi tomcat professional, ya professional karena mereka memiliki cara tersendiri dengan teknologi terkini untuk membasmi tomcat dengan cepat. Selain untuk membasmi tomcat biasanya mereka juga melayani jasa lainnya terkait dengan pengendalian hama, seperti: jasa fumigasi, jasa pest control, jasa pembasmi rayap, dan sebagainya.

Satu hal yang dapat kita tarik garis merah dari wabah tomcat adalah, rusaknya keseimbangan alam dan ekosistem oleh ulah manusia sendiri yang serakah dan egois. Merubah sawah dan kebun menjadi rumah dan pabrik sehingga tomcat kehilangan tempat tinggalnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *