Ketika hendak melakukan pernikahan, sudah menjadi kewajiban pihak pria untuk memberikan mahar kepada calon istrinya. Nah untuk di Indonesia sendiri, perhiasan sering kali dijadikan mahar pernikahan. Seperti satu set atau seperangkat perhiasan nikah yang nantinya akan dihias dan diberikan sebagai mahar untuk wanita yang dicintainya. Nah untuk harga dari perhiasan yang diberikan tersebut sangatlah bebas, yaitu tergantung kemampuan dari pihak pria dan atas keridhoan dari pihak wanita.

Lalu sebenarnya apa saja sih yang termasuk dalam seperangkat perhiasan nikah? Berikut ini macam-macamnya.

  1. Cincin

Untuk perhiasan yang satu ini mungkin banyak yang menganggapnya wajib dalam sebuah pernikahan. Selain sebagai mahar biasa, cincin juga akan digunakan sebagai salah satu lambang ikatan dari hubungan pernikahan tersebut.

Bahkan, umumnya cincin pernikahan pun tak hanya akan digunakan oleh pihak wanita saja. Namun pihak pria yang memberikan mahar pun biasanya akan mengenakan cincin kawin dengan model sama sebagai lambang ikatan mereka berdua.

  1. Gelang

Selanjutnya gelang. Ya, seperangkat perhiasan nikah yang akan digunakan di pergelangan tangan ini biasanya diberikan pada pihak wanita sebagai teman cincin.

Untuk model gelang yang diberikan pun sangat beragam, mulai dari gelang kaku hingga gelang rantai dengan bandul. Dan dari model-model tersebut, memang kesemuanya indah hanya untuk tampilan lebih formal gelang kaku nampak lebih cocok. Sedangkan untuk tampilan kasual namun elegan, gelang rantai nampak akan lebih memukau.

  1. Kalung

Yap, kalung juga termasuk salah satu seperangkat perhiasan nikah yang akan diberikan pada pihak wanita. Dimana perhiasan yang dikenakan di leher ini akan jadi satu kesatuan dengan gelang.

Sehingga tak jarang jika model kedua perhiasan ini cukup sama. Namun untuk kalung sendiri modelnya tak terlalu beragam. Hanya permainan bandul atau permata yang akan menghiasi kalung tersebut.

  1. Anting

seperangkat perhiasan nikah terakhir yang akan diberikan bersama perhiasan lain adalah anting. Nah untuk perhiasan yang satu ini, bisa dibilang adalah perhiasan yang memiliki model paling beragam.

Mulai dari anting panjang, lingkaran, permata dan masih banyak lainnya.

Karena merupakan satu kesatuan yang terpisah, nampaknya akan lebih indah jika seperangkat perhiasan nikah dibeli dalam bentuk satu set, ya meskipun nantinya harganya pun lebih tinggi dibanding perhiasan yang didapat satu persatu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *