Pernahkah anda berkunjung ker rumah sakit ? Saya rasa sebagian besar pembaca pernah melakukannya, baik untuk menjenguk saudara yang sakit atau pun malah anda sendiri yang sakit dan dirawat di Rumah Sakit. Pasien yang memiliki sakit yang cukup parah biasanya akan dirawat di rumah sakit. Dalam perawatannya pasien ditempatkan di dalam kamar pasien khusus. Di dalam kamar pasien setidaknya ada beberapa barang hospital furniture yang berada di sana, apa sajakah itu ? Kita akan bicarakan pada kesempatan kali ini.

Terdapat banyak sekali alat kesehatan dan penunjang medis seperti furniture rumah sakit yang ada di sebuah pusat layanan kesehatan. Salah satu penempatannya ada di ruang rawat inap pasien. Setidaknya ada 3 jenis hospital furniture yang ada di dalam ruangan ini.

Bed Pasien

jual bed pasien

Furniture pertama yang harus ada dan wajib ada di dalam ruang rawat inap adalah bed pasien. Bed atau ranjang pasien ini jelas berfungsi untuk tempat tidur pasien, untuk tempat istirahat pasien dan juga untuk tempat pemeriksaan pasien. Kita tahu di sebuah rumah sakit biasanya memiliki kelas – kelas tertentu untuk kamar rawat inap. Misalnya satu kamar pasien terdiri dari dua bed pasien, atau 3 bed pasien. Ada juga kelas vip dimana satu kamar terdiri dari 1 bed pasien. Untuk furniture satu ini, biasanya pihak rumah sakit membelinya di distributor alat kesehatan yang jual bed pasien dan hospital furniture lainnya. Tapi ada juga rumah sakit yang membuatnya sendiri.

Bedside

Bedside atau biasa disebut juga dengan istilah Bedside Cabinet. Yaitu sebuah almari kecil yang terdiri dari dua pintu yang letaknya berada di sisi bed pasien. Oleh sebab itu, perlengkapan ini disebut dengan istilah bedside. Bedside berfungsi untuk menyimpan perlengkapan pasien yang menjalani rawat inap seperti baju – baju, makanan dan juga obat. Bedside terbuat dari bahan kayu atau juga stainless steel dan terkadang juga campuran dari dua material tersebut.

Tiang Infus

Salah satu alat lainnya yang ada di ruang rawat inap rumah sakit adalah tiang infus. Tiang infus berfungsi untuk menempatkan cairan infus agar posisinya lebih tinggi dari pasien. Dengan demikian cairan infus akan mengalir dengan lancar. Tiang infus terbuat dari bahan stainless steel yang anti karat dan biasanya memiliki tinggi yang sama di semua tempat.

Masih ada yang lainnya ? Saya kita tiga jenis itu saja yang biasanya saya lihat di ruang rawat inap standar di rumah sakit. Mungkin anda yang pernah melihat di ruang vip terdapat tv dan alat lainnya, namun itu bukanlah alat medis. Nah ini saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca semua. Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *