Apakah kamu sedang mencari peluang usaha? Gak punya ide mau memulai usaha apa? Modal usaha sangat terbatas?Jika jawaban kamu adalah ya, maka kamu perlu membaca artikel ini sejenak.

Ada banyak ide usaha modal kecil yang cocok untuk para pemula yang bermodal kecil. Namun, untuk menjalankannya dibutuhkan niat yang sungguh-sungguh dan tidak mudah menyerah.

Kebanyakan orang punya pikiran bahwa modal adalah faktor terpenting dalam memulai usaha. Faktanya tidak demikian lho. Walaupun modal sangat membantu memulai usaha, namun yang paling penting dalam membangun dan menjalankan sebuah bisnis adalah mindset dari pelaku usaha itu sendiri.

Itulah alasannya, mengapa kita perlu mengetahui berbagai peluang bisnis yang ada di sekitar kita dan mempelajari bisnis yang paling sesuai dengan kondisi kita. Masalah modal sebenarnya pasti ada jalan keluarnya.

Nah berikut ini adalah beberapa ide usaha dengan modal ringan yang bisa kamu pertimbangkan.

Langsung aja kita bahas ya:


1. Bisnis Pulsa Elektrik

Sekarang jamannya digital, semua serba online dan butuh pulsa. Ini kesempatan emas yang bisa kamu manfaatkan untuk mendulang uang dari bisnis pulsa elektrik.

Untuk menjalankan bisnis pulsa elektrik ini tidak membutuhkan modal yang besar. Cukup dengan modal sekitar Rp 300ribu saja kamu sudah bisa bergabung menjadi agen pulsa dari distributor pulsa ternama.

Dalam menjalankan usaha pulsa elektrik ini pun sebenarnya tidak terlalu sulit. Kalau kamu punya banyak teman dan kerabat, maka kamu bisa menawarkan dagangan kamu ke mereka.

Atau kamu juga bisa bekerjasama dengan teman dalam menjalankan bisnis pulsa elektrik. Mudah, murah, dan menguntungkan, kombinasi peluang usaha yang menjanjikan.

2. Menjalankan Bisnis Kuliner

Kalau ngomongin soal kuliner, pasti semua orang punya kuliner favorit. Ditambah lagi, orang Indonesia itu terkenal suka makan dan jenis makanannya pun sangat beragam lho.

Bisnis kuliner ini bisa dijalankan dari rumah ataupun kamu buka stand di tempat yang ramai pengunjungnya. Tapi jangan sewa tempat yang mahal ya. Pilih tempat yang tidak terlalu besar tapi bisa menjalankan usaha kuliner mu.

Uniknya, ada juga orang yang menjalankan usaha kuliner ini di pinggir jalan atau menggunakan gerobak dorong. Mereka tidak bayar sewa tempat tapi mungkin agak melelahkan untuk mendorong gerobak terus-menerus.

3. Menjalankan Bisnis Laundry

Usaha laundry ini sangat menjanjikan lho prospek bisnisnya, apalagi bila beroperasi di lokasi yang cukup strategis. Sekarang ini banyak orang yang tidak suka capek mencuci dan setrika pakaian sendiri, nah peluang ini bisa kamu manfaatkan.

Para konsumen ini lebih memilih membayar jasa laundry dan mengharapkan pakaian mereka tercuci bersih dan rapih.

Untuk memulai bisnis laundry ini sebenarnya butuh modal yang relatif besar, bisa berkisar Rp 8juta hingga Rp 15 juta. Bagi saya modal segitu cukup besar, mungkin bagi orang lain modal segitu tidak terlalu besar, ya jadi relatif.

Yang pasti usaha laundry adalah salah satu bisnis yang sangat potensial dan bisa bertahan jangka panjang bila dijalankan dengan serius. Sebagai gambaran saja, seorang teman membuka sebuah usaha laundry di rumahnya dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp 10 jutaan. Dan saat ini sudah berjalan dengan baik dan menguntungkan.

4. Berbisnis Jasa Penulisan Artikel

Peluang bisnis yang satu ini sangat cocok untuk dijalankan oleh mereka yang punya hobi menulis artikel. Tidak sembarang artikel ya, ada topik-topik tertentu yang dibutuhkan oleh para pemilik website dan blog.

Sebenarnya untuk menulis artikel itu tidak terlalu sulit, kamu hanya perlu sering-sering latihan membuat artikel. Dan peluang bisnis modal kecil yang satu ini sudah cukup banyak dijalankan oleh orang Indonesia dari berbagai kalangan.

Selain bisnis ini tidak butuh modal besar, bahkan nyaris tanpa modal, bisnis jual jasa menulis juga lumayan menguntungkan lho. Apalagi jika kamu punya banyak pelanggan yang rutin memesan artikel dari kamu, ini bisa jadi bisnis jangka panjang.

5. Menjalankan Bisnis Dropship

Bisnis dropship ini juga salah satu bisnis online yang nyaris tanpa modal. Kita tidak perlu beli barang dulu, tapi bisa langsung memasarkannya ke orang lain.

Kita berperan sebagi perantara yang menghubungkan pemilik produk dengan pembeli, tapi untuk proses transaksinya tetap kamu yang melakukan. Jadi, si konsumen transfer uang ke kamu dengan harga sedikit lebih mahal lalu kamu membayar ke supplier dengan harga lebih murah untuk mendapat keuntungan. Produk yang dibeli akan dipacking dan dikirim oleh supplier ke konsumen, dan di bagian kemasan disebutkan bahwa kamu yang mengirimkannya.

Untuk menjalankan bisnis internet yang satu ini kamu harus kreatif dan rajin membalas pertanyaan dari konsumen. Kenapa? Karena konsumen lebih suka membeli dari pedagang online yang responsif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *