Efek Samping Labu Siam – Labu siam di wilayah Jawa disebut dengan Jipang, di dunia labu siam dikenal dengan nama Chayote. Sayuran ini telah banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, tetapi tanaman ini berasal dari luar Indonesia tepatnya dari wilayah Siam, Thailand. Labu siam berwarna hijau berbentuk seperti buah pear. Beberapa penelitian menemukan bahwa labu siam merupakan sayuran hijau yang mempunyai banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas North Florida, Amerika, menyebutkan bahwa labuh siam juga mengandung banyak vitamin, rendah kalori namun tinggi serat dan kaya akan mineral.

Manfaat Labu Siam

  • Menurunkan Berat Badan

Labu siam mengandung kalori yang sangat rendah hanya 16 kalori setiap 100 gramnya. Dari tabel kandungan nutrisi di atas, labu siam mengandung serat yang tinggi, tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Kondisi itulah yang menjadikan labu siam menjadi bahan makanan yang direkomendasikan untuk orang yang ingin menurunkan berat badan.

  • Mencegah Bayi Lahir Cacat

Kandungan folat pada 100 gram labu siam setara dengan 23% dari kebutuhan folat yang dianjurkan untuk ibu hamil. Folat sangat dibutuhkan pada proses pembelahan sel yaitu membantu pertumbuhan janin dan mencegah cacat syaraf saat bayi lahir.

  • Menghilangkan Tumit Hitam

Digunakan dengan cara mengoleskan getah labu siam ke tumit yang menghitam. Biarkan hingga mengering dan kemudian baru dibilas sampai bersih.

  • Mencegah Penuaan Dini

Labu siam mengandung flavonoid yang cukup baik. Flavonoid tersebut dapat membantu tubuh untuk melawan zat-zat berbahaya, misalnya Reactive Oxigen Species (ROS) dan radikal-radikal bebas penyebab penuaan dini dan berbagai penyakit berbahaya. ROS merupakan turunan dari oksigen yang bersifat reaktif sehingga membahayakan tubuh.

  • Sumber Antioksidan

Vitamin C di dalam labu siam menjadi salah satu antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel akibat masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Mengkonsumsi 100 gr labu siam, dapat memenuhi 13% dari total kebutuhan Vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya.

  • Mencegah Sembelit

Dengan menambahkan labu siam ke dalam menu makanan sehari-hari, artinya kita juga menambahkan asupan serat yang diperlukan oleh tubuh. Serat tersebut dapat membantu melancarkan proses pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit.

  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Purdue menyebutkan bahwa labu siam dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk menurunkan tekanan darah, labu siam dikonsumsi dengan cara dijadikan sebagai minuman.

  • Mengobati Kembung

Untuk mengobati kembung dan gangguan perut lainnya, minumlah teh yang dicampur dengan irisan daging labu siam. Labu siam mengandung unsur-unsur yang termasuk dalam zat diuretik yang salah satu manfaatnya yaitu untuk mengobati perut kembung.

Efek Samping Labu Siam

Saat mengupas labu siam, kulitnya akan mengerluarkan getah yang berwarna bening. Getah labu siam dapat menyebabkan rasa gatal bahkan mati rasa pada tangan atau jari yang memegang labu siam. Hal itu terjadi karena di dalam getah labu siam mengandung sejenis zat yang bersifat anestesi.

Tetapi efek tersebut hanya sementara, Anda dapat mencuci tangan sampai bersih untuk meredakan efek tersebut. Efek samping dari mengkonsumsi labu siam juga dapat mencul jika terjadi interaksi dengan obat-obatan tertentu misalnya aspirin dan obat-obatan lain yang digunakan untuk mengobati penyakit kardiovaskular.

Demikian artikel mengenai Efek Samping Dan Manfaat Labu Siam, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *