Dalam rangka membuat bangunan rumah tentunya seorang arsitektur atau desainer rumah dituntut untuk mempunyai rancangan berupa  denah rumah minimalis yang akan dibangun agar nantinya dapat mengetahui beberapa hal apa saja yang harus di persiapkan. Dengan begitu akan bermanfaat terutama untuk megetahui estimasi biaya yang diperlukan guna membangun sebuah rumah impian. Selain itu dengan mempunyai sebuah gambaran berupa sketsa akan memudahkan anda untuk mengatur tata letak perabotan dan juga peralatan instalasi listrik yang akan dipasang didalam interior rumah tersebut.

Beberapa pilihan dalam membangun rancangan sebuah rumah diantaranya adalah memperhatikan ukuran luas masing-masing ruangan serta jumlah ruangan yang terdapat didalamnya.

Denah Rumah Minimalis Lantai 1

Pada denah rumah minimalis diatas terlihat bahwa masih tersisa ruang kosong yang dapat digunakan sebagai taman, hal ini sangat menguntungkan pemilik rumah karena taman mempunyai fungsi sebagai arena bermain, tempat menjemur pakaian, dan juga sebagai area kosong untuk sirkulasi udara segar. Dengan mempunyai taman di halaman depan dan belakang rumah, maka penghuni rumah juga diuntungkan dengan faktor pencahayaan yang masuk ke dalam ruangan rumah, sehingga tidak diperlukan lampu pada saat siang hari.

Demikian halnya dengan pemberian space atau ruangan untuk carport di areal teras depan rumah minimalis yang lazim diterapkan saat ini memberi pengaruh besar bagi anda yang memiliki mobil, maupun sebagai tempat parkir bagi kendaraan yang dimiliki.

Berbicara mengenai denah rumah minimalis yang ideal juga tidak terlepas dari adanya perencanaan penataan kamar tidur dan juga dapur. Umumnya, pemilik rumah minimalis type 21 maupun type 36 adalah sebuah keluarga yang berjumlah 4 orang. Terdiri dari ayah, ibu dan dua orang anak. Menyikapi kondisi tersebut, maka jumlah kamar tidur yang ideal jumlahnya ada 3 ruangan dengan konsep penataan satu kamar tidur utama yang ditempati oleh ayah dan ibu, sedangkan 2 kamar tersisa dibuat dengan ukuran kecil-kecil dengan asumsi 2×3 meter yang nantinya ditempati sebagai kamar tidur anak.

Sedangkan dapur dan tempat cuci piring dapat diletakkkan berdampingan dengan kamar mandi kecil yang dibuat bersebelahan dengan ruangan terbuka agar memperoleh udara dan juga pencahayaan yang maksimal.

Demikian sedikit penjelasan mengenai ide rancang bangun sebuah rumah minimalis sederhana yang sangat ideal sebagai tempat hunian keluarga kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *